8 Tips Menghemat Biaya Pernikahan

sangkar burung outdoor

sangkar burung outdoor

Bagi kamu, calon pasangan menikah, salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam mempersiapkan acara pernikahan adalah biaya. Tentu saja, ini sangat penting. Tapi jangan cemas, kamu dapat menghemat anggaran pernikahan dengan kiat-kiat di bawah ini:

1. Koreksi lagi daftar tamu undangan

Nampaknya sangat menyenangkan jika pernikahan kamu dihadiri banyak orang. Tapi sebaiknya juga kamu harus pastikan orang-orang yang kamu undang sudah tepat. Buatlah daftar klasifikasi para tamu sekali lagi. Diskusikan juga bersama calon pasangan dan orangtua kamu serta orangtua pasangan kamu. Jangan terlalu kaget jika kamu menemukan lebih banyak kerabat orangtua yang ada dalam daftar undangan daripada kerabat kamu sendiri.

Kami menemukan fakta dari sejumlah pernikahan bahwa rata-rata jumlah tamu yang hadir hanya 70 persen dari total jumlah undangan. Ini tentu membuat biaya yang kamu sudah keluarkan menjadi tidak efektif.

 2. Hati-hati dengan gedung yang kamu pilih

Tidak bisa dipungkiri, gedung pernikahan Balai Samudera, Hotel Bidakara atau Wisma Dhanapala sangat bagus untuk sebuah pesta pernikahan. Tetapi tidak semua pernikahan cocok diadakan di sana. Sesuaikan kapasitas gedung dengan jumlah tamu kamu. Kalau kamu punya 300 daftar undangan atau 600 orang, kamu cukup mencari gedung berkapasitas maksimum 800 orang. Ini sangat penting, jika gedung yang kamu pilih lebih besar dari kapasitas yang seharusnya, akan ada pembengkakan biaya di berbagai aspek. Pertama, biaya sewa yang harus dibayar mungkin sekali lebih besar. Kedua, dengan ruangan lebih besar, kamu mau tidak mau harus menyesuaikan dengan dekorasi ruangan dengan penambahan bunga, lampu, asesoris dan juga lebar pelaminan, agar pesta pernikahan kamu tidak tampak sepi.

 3. Pilih paket perkawinan

Dari sekian pengalaman menghadiri pernikahan kerabat, mungkin kamu tertarik kepada hasil kerja catering A, dekorasi B, rias pengantin C dst. Namun ada baiknya memilih paket pernikahan dari satu vendor, karena kamu akan mendapatkan harga lebih murah.

4. Jangan sungkan minta diskon

Kamu sudah mendapat potongan harga dari paket pernikahan yang kamu pilih, jangan sekali-kali malu meminta diskon. Selama vendor masih memberikan reaksi, itu artinya masih ada peluang diskon.

5. Libatkan orang-orang terdekat sebagai wedding organizer

Mintalah pengertian dari keluarga, teman dekat atau saudara kamu untuk menjadi panitia pernikahan. Itu akan menghemat sebagian biaya kamu.

 6. Nama besar dan harga bukan jaminan mutu

Sangat wajar apabila sebuah vendor pernikahan terkenal mematok harga di luar jangkauan kamu. Di sinilah perlunya berdiskusi dengan kerabat kamu yang sudah pernah menikah. Ada cukup banyak referensi yang dapat bermanfaat untuk kamu. Tak perlu pesimis dengan nama vendor yang kedengaran asing. Mungkin saja mereka punya penawaran yang sesuai. Yang terpenting, yakinkan diri kamu sebelum memilih dengan cara menguji kualitasnya beberapa kali.

 7. Jika ingin gunakan wedding planner, petakan biaya lebih dahulu

Wedding planner adalah sahabat pernikahan kamu. Tetapi kamu tidak perlu menyerahkan segala hal kepada wedding planner. Kamu harus membuat batasan yang tegas dari setiap kebutuhan kamu secara detail. Pastikan mereka dapat memberi manfaat buat acara pesta pernikahan kamu.

8. Catering in house

Dari pengalaman kami, setidaknya catering menyumbang 40 persen dari beban keseluruhan biaya sebuah pernikahan. Ada sebuah keluarga sahabat kami yang selalu memasak sendiri untuk pesta perkawinan anggota keluarganya. Catering in house sudah tentu akan menghemat biaya pernikahan kamu secara signifikan. Ini mungkin terlihat berat-kenyataannya memang begitu. Tetapi jika memungkinkan, apa salahnya dicoba. Menyewa tim juru masak sangat mudah, terutama di kota besar. Bahkan, penyewaan peralatan masak massal pun tidak sulit. Namun kamu harus memperhitungkan semuanya, jangan sampai ternyata tidak sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Keuntungannya, jika berhasil, kamu barangkali segera terpikir merintis usaha catering.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s